Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atasi No Sound (Suara Hilang) Setelah Upgrade Windows 10

 Hasil gambar untuk no sound after windows 10 update
Upgrade Windows 10 yang di berikan secara gratis selama 1 tahun dari pihak Microsoft membuat mereka berbondong bondong untuk segera menginstallnya. Perlu pengorbanan waktu untuk dapat menikmati windows terbaru ini. Untuk ukuran file windows 10 yang berukuran sekiar 2.7 GB terhitung merupakan ukuran yang sangat besar. Proses upgrade ini sangat mudah, kita hanya tinggal ke menu windows update, dan pastikan semua update penting telah kamu install terutama bagi kamu pengguna windows 8.1 harus menginstall terlebih dahulu dua update penting yakni KB 3035583 dan KB2976978. Sehingga nanti di bagian bawah layar laptop akan muncul ikon  kecil muncul bernama Get Windows 10.

Proses upgrade terkadang ada beberapa permasalahan seperti yang saya alami ketika selesai melakukan proses upgrade ke Windows 10. Awalnya sangat khawatir, ketika memutar lagu dan video seluruh aplikasi dan media player yang berhubungan dengan sound dan video tidak dapat memutar lagu dan video. Selalu saja muncul peringatan aneh yang memaksa video tidak dapat di putar. 

Volume coba saya naikkan sampai ke level maksimal, namun tetap saja laptop tidak dapat mengeluarkan suara ketika saya main game. Sempat frustasi di buatnya, alhasil saya cari forum-forum mengenai permasalahan no sound di laptop saya. Ternyata bukan saya saja yang mengalami tapi memang ada banyak di luar sana. Singkat cerita akhirnya saya nemu jurusnya yakni cukup gampang dan ampuh. Berikut tahap-tahapnya.

1. Klik gambar sound yang terdapat pada kanan bawah layar laptopmu

2. Kemudian pilihlah menu Playback Device

3. Pilih Playback Device yang biasanya telah terpilih..lanjutkan double click sampai muncul Properties

4. Pilihlah tab Advance dan cobalah ubah bite rate ke yang lainnya sebagai contoh dari 24bit/44100 Hz  ke 24bit/192000Hz, ini semua tergantung pada konfigurasi speaker laptop kamu

5. Disana terdapat banyak pilihan setting cobalah satu persatu sembari mengecek suaranya

Melalui cara tersebut suara yang tadinya hilang kini kembali ke semula lagi. Untuk memutar lagu, video dan main game sudah dapat mengeluarkan suara dan berjalan lancar. Bagi kamu yang mengalami hal serupa ada baiknya kamu mencoba salah satu tips ini.

21 comments for "Cara Atasi No Sound (Suara Hilang) Setelah Upgrade Windows 10"

  1. Sip gan, makasih infonya, tadinya setelah upgrade suara ane juga hilang, sekarang muncul lagi. Top dah

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kalau masalah masih tetap sama kemungkinan laptop agan mesti di update driver soundnya. Uninstall terlebih dahulu driver yang dahulu kemudian download driver sound terbaru dan install. Driver tersebut dapat di peroleh di website resmi pembuat laptop tersebut. Misalkan laptop agan asus bisa kunjungi asus.com/support.

      Delete
  3. Gan, begitu di klik logo sound nya, gamau muncul, klik logo windows, gamau muncul juga, klik cortana, gamau muncul juga gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lewat control panel> hardware and sound > sound pilih bagian playback

      Delete
  4. kasus sy, setiap setiap ditengah dengerin musik / sound game langsung mati. pas restart / sleep, eh hidup lagi, terus diulang dengerin musik mati lagi. begitu seterusnya, itu kenapa ya? sy pake win 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. melihat kasus yang demikian, ada beberapa kemungkinan yang terjadi pertama kemungkinan ada masalah pada hardware soundnya kedua mungkin agan perlu update driver audio terbaru yang sudah kompatible sama windows 10

      Delete
  5. tanya dong mas, laptop adek saya gak keluar suaranya, tp pas dicolok speaker ato headset muncul suaranya, itu kenapa ya? adek saya pake win 10

    ReplyDelete
  6. udh coba update driver terbaru tetep gabisa

    ReplyDelete
  7. Mantap min, makasih sudah sharing
    https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/solder-temperatur



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    +JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +

    ReplyDelete
  8. ane ada mac trus du pindah jadi windows min, setelah itu suara nggak muncul...
    kasih pencerahan min...

    ReplyDelete